Selasa, 05 Desember 2017

Cara membuat label surat menggunakan MS.Word


Kali ini saya akan membuat sebuah label surat menggunakan excel dan word
Langkah pertama buka excel dan buat kolom seperti di bawah ini (contoh).

Setelah selesai save
Berikutnya buka word, lalu pilih menu mailings


 Lalu pilih label. Kemudian isi address dan pilih label yang sesuai. Jika sudah pilih new document



Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini


Kemudian pilih Select Recipients, lalu pilih use an existing list. Kemudian cari file excel yang telah di save, kemudiah tekan open.


Setelah langkah tersebut akan muncul tampilan seperti ini


Tekan ok saja. Kemudian arahkan kursor ke sebelah kanan tulisan “kepada Yth.” Lalu tekan insert merge fild.

Kemudian pilih nama. Lalu arahkan kursor ke sebelah kanan dari tulisan “kepada” kemudian lakukan langkah yang sama seperti yang tadi. Begitupun seterusnya.


Nah setelah itu arahkan kursor ke pojok kiri kolom sampai berubah menjadi hitam. Lalu klik


Setelah itu copy (ctrl+c). Lalu tempelkan ke kolom di bawahnya (ctrl+v)


Setelah itu arahkan kursor ke sebelah kiri dari tulisan “<<nama>>”, kemudian pilih rules, kemudian pilih next record


Setelah itu akan muncul seperti padah gambar dibawah ini


Nah kemudian blok kolom dengan cara seperti mengcopy kolom sebelumnya. Blok kolom disampinya dan tempelkan


Setelah itu klik menu preview results untuk melihat hasilnya


Nah sekarang kita telah berhasil membuat sebuah label surat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar